Sunday, May 23, 2010

EUROPE, US & INDONESIA

*EUROPE INDEX - FTSE 100:
Krisis di Yunani memberikan dampak cukup besar di Europa dan merambat ke US & Asian market. Terlihat dalam chart diatas FTSE 100 sudah breakdown line & berada di bawah MA 240 (salah satu indicator trend untuk menentukan Long Bull/Long Bear, apabila Bull harga harus mampu naik kembali keatas MA 240 dalam waktu dekat).

*US MARKET - DJI
DJI - DOW JONES adalah Bapak dari semua index sedunia, pergerakannya secara long term sangat mempengaruhi Asian Market termasuk IHSG. Terlihat dalam chart diatas, DJI masih berusaha mempertahankan Support Line & Support MA240, harga kembali testing kedua support ini untuk ke 2x nya. Mampukah DJI bertahan terhadap gempuran Bear dr Eropa?

*IHSG DAILY VIEW:
FTSE breakdown, DJI mencoba bertahan, terlihat IHSG juga cukup ragu untuk mengikuti FTSE or DJI. IHSG daily candle breakdown sedangkan harga masih diatas MA 240.

*CONDITION FOR BULL: Pada hari Senin IHSG harus mampu pull back keatas line (preferable close > 2693) dan setelah itu tidak boleh breakdown line lagi.

*IHSG WEEKLY VIEW:
IHSG Weekly MACD Divergence dan Breakdown MA 20 Weekly untuk pertama kalinya. So far MA 20 Weekly berfungsi cukup bagus sebagai Resist dan Support selama 2 tahun ini.

*CONDITION FOR BULL: Candle minggu depan harus mampu tutup hijau dan kembali keatas MA 20 Weekly.

*IHSG MONTHLY VIEW:
Dari semua view, Monthly View bulan inilah yang PALING PENTING. Jumat depan tgl 28 May kita libur Hari Raya Waisak, otomatis menyisakan 4 DAYS ONLY untuk tutup candle bulan ini.

*CONDITION FOR BULL: Pada hari Kamis 27 May, IHSG harus mampu tutup > 2777, jika tidak, IHSG Monthly candle akan menjadi Bear Engulfing sekaligus mensahkan False Breakout dan Pattern Double Top Reversal.

*SUMMARY: Apabila ketiga CONDITION FOR BULL diatas tidak mampu terpenuhi, maka bersiap2lah menghadapi New Crash dan kita akan menggunakan Alternative Wave yg diposting 7 May lalu (klik disini untuk review)